Ajak Jauhi Berita (HOAX), Kasat Binmas Polres Probolinggo Kota Mendapat Apresiasi Dari Peserta

0
94

Probolinggo – Pemkot Probolinggo Kota Menyelenggarakan Kegiatan Sosialisasi Wawasan Kebangsaan, pada hari Selasa (29/10/2019), digelar Amarilis Hall “Kusuma Agro Wisata” Jalan Abdul Gani Atas PO. BOX 36 Batu – Jatim.

Kegiatan ini diusung sebagai nara sumber dari Kasat Binmas Polres Probolinggo Kota Iptu Retno Utami. S.H., ditujukan kepada Pengurus Tim Penggerak PKK Kota Probolinggo tahun 2019. kegiatan ini dimulai dari pukul 14.00 Wib hingga selesai.

Selain Kehadiran Kasat Binmas Polres Probolinggo Kota, Turut serta hadir sebagai bentuk dukungan adanya program kegiatan ini diantaranya, Walikota, Ketua TP PKK, Wakil ketua TP PKK, Asisten pemerintahan dan KA Bakesbangpol Kota Probolinggo serta Ibu-ibu PKK pemkot probolinggo dengan jumlah 75 orang.

Kasat Binmas Polres Probolinggo Kota Iptu Retno Utami, S.H., Menyampaikan pentingnya memahami sosialisasi ini diantara, Tentang “Pengertian Wawasan Nusantara” dari cara pandang dan sikap bangsa Indonesia terhadap diri dan bentuk geografinya berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 dengan menghargai dan mengutamakan kebhinekaan dalam mencapai tujuan nasional.

(2). Pengertian tentang “Wawasan Kebangsaan” dengan cara pandang suatu bangsa mengenai diri dan ideologinya, serta cita-citanya yang diorientasikan untuk memperkokoh dan menjaga persatuan bangsa dan ketahanan bangsa.

(3). Tentang Fungsi Wawasan Kebangsaan ada 4 hal yang dijabarkan yakni, Sebagai Wawasan Pembangunan ialah Wawasan nusantara memiliki fungsi dalam pembangunan Indonesia. Beberapa unsur di dalamnya termasuk sosial politik, kesatuan politik, pertahanan dan keamanan negara, serta ekonomi dan sosial ekonomi.

Sebagai Konsep Ketahanan Nasional, tentang Pemahaman mengenai wawasan nusantara berfungsi sebagai konsep ketahanan sosial yang memegang peranan penting dalam perencanaan pembangunan, kewilayahan, dan pertahanan keamanan nasional.

Sebagai Wawasan Pertahanan Dan Keamanan, Wawasan nusantara juga berfungsi sebagai pertahanan dan keamanan nasional yang mengarah pada pandangan geopolitik Negara Indonesia. Pandangan ini meliputi tanah air dan segenap wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Sebagai Wawasan Kewilayahan, Wawasan nusantara berfungsi dalam pemahaman mengenai wawasan kewilayahan Indonesia, termasuk batas wilayah Indonesia untuk menghindari terjadinya potensi sengketa dengan negara lain.

Masih kata Retno, Polri berharap anggota yang hadir dapat membantu kinerja Polri dalam memperhatikan anak cucunya, untuk tidak mudah terprovokasi oleh berita (HOAX), yang mengandung unsur kriminal, bertujuan untuk hasutan dan atau mangadu domba mengarah menghancurkan Kedaulatan Bangsa yang kita cintai (NKRI) dari narasumber yang tidak dapat bertanggung jawab, Hal ini perlu diketahui bersama, mengenai yang dilakukan Polri dalam menangani kerusuhan Unjuk Rasa Papua Dan Penolakan Revisi RUU diberbagai Daerah, tentunya Polri sudah bertindak Sesuai (Protap) dan profesional serta porposional, dengan Melakukan pengamanan ketika terjadi kerusuhan baik didaerah maupun di kota dan Mencari asal mula terjadinya kerusuhan serta Menangkap pelaku terjadinya kerusuhan. Selain melakukan tindakan tegas Polri juga Melakukan pembinaan ke Sekolah-Sekolah terutama tingkat SMA untuk tidak melakukan kegiatan unras dan atau demo serta Mendeklarasikan penolakan demonstrasi.

Ditambahkannya, Rasa Syukur terpancar dari semua anggota yang hadir setelah selesai acara dilanjutkan acara ramah tamah dan foto bersama. Alhamdulillah, Selama pelaksanaan kegiatan berlangsung aman dan kondusif. (Kri)