Deklarasi Komitmen Bersama Pembangunan Zona Integritas, Kanim Surabaya Siap Menuju WBK

0
3

SIDOARJO – Zona Integritas (ZI) merupakan predikat yang diberikan kepada kementerian ataupun lembaga dan pemerintah daerah yang pimpinan dan jajarannya memiliki komitmen untuk mewujudkan Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK).

Serta Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) melalui upaya pencegahan korupsi, reformasi birokrasi dan peningkatan kualitas pelayanan publik.

Prioritas pembangunan Zona Integritas berada di kawasan yang mencakup bandara dan pelabuhan. Salah satunya, Bandara Juanda Surabaya.

Pada hari ini (21/5), bertempat di Graha I Angkasapura Juanda di Sidoarjo, dilakukan Penandatanganan Deklarasi Komitmen Bersama (MoU) ) Pembangunan Zona Integritas Bandar Udara Internasional Juanda, oleh Angkasa Pura, Otoritas Bandara, Bea Cukai, Balai Karantina, Kantor Kesehatan Pelabuhan, dan Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Surabaya.

Penandatanganan deklarasi Komitmen Bersama (MoU) tersebut, disaksikan langsung oleh Asisten Deputi KemenpanRB Bidang Penanganan Pengaduan Aparatur dan Masyarakat, Agus Uji Hantara.

Hadir mewakili pihak Imigrasi, yakni Barlian selaku Kakanim Kelas I Khusus TPI Surabaya yang didampingi Kabag TU Habiburrahman, dan Kabid TPI Tatang Suheryadin.

Menurut Barlian, deklarasi ini diharapkan bisa mendisiplinkan semua stakeholder dan memberikan dampak baik bagi Komunitas Bandara Juanda.

“Pembangunan Zona Integritas Bandar Udara Internasional Juanda ini merupakan salah satu program strategi nasional pencegahan korupsi sesuai dengan Perpres No 54 Tahun 2018,” ujar Barlian usai acara deklarasi.

Selain untuk mewujudkan unit kerja berpredikat WBK dan WBM, komitmen pembangunan Zona Integritas ini, lanjut Barlian, juga berisi komitmen untuk mewujudkan pemerintahan yang baik, bersih, bebas dari korupsi kolusi dan nepotisme, menerapkan sistem manajemen anti suap, serta membangun keterpaduan sistem pelayanan publik yang transparan.

“Semoga komitmen pembangunan Zona Integritas ini akan memberikan dampak bagi kemajuan bangsa,” tandasnya. (pank/mk)