Gelar Cangkrukan Kamtibmas, Ini Yang Disampaikan Kapolres Pasuruan Kota

0
159

PASURUAN – Kepala Kepolisian Resort (Kapolres) Pasuruan Kota AKBP Dony Alexander, S.I.K., MH., gelar Cangkrukan guna memupuk Silaturahim Kamtibmas bersama warga Masyarakat.

Berbagai upaya dilakukan oleh jajaran Polres Pasuruan Kota untuk menjaga kondusifitas daerah serta menjaga kerukunan antar warga menjelang Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Pasuruan yang aman, sejuk dan damai.

Hadir dalam giat tersebut, Kapolres Pasuruan Kota AKBP Dony Alexander, S.I.K., MH., Kasatlantas Polres Pasuruan Kota AKP Achmadi, S.H., Kasat Narkoba Iptu Rachmad Ridho Satrio, S.I.K., Kasat Intelkam Iptu Riza Rahman, S.I.K., Kabag Ops Kompol Saiful Rizal, S.sos, Kapolsek Gadingrejo Kompol Timbul Wahono, Sekcam Petahunan Rusmin, Lurah Petahunan Imam Ahmad Zamroni, Perwakilan dari Koramil, tokoh agama, ibu ibu PKK, dan diikuti warga masyarakat Petahunan.

Terkait hal tersebut, digelar forum silaturahmi untuk mempertemukan berbagai elemen masyarakat dengan bentuk Cangkrukan yang dilaksanakan di Pendopo Kelurahan Petahunan, Kecamatan Gadingrejo, Kota Pasuruan, Senin (27/1/2020), Pukul 20.30 WIB.

Dalam sambutanya, Imam Ahmad Zamroni selaku Lurah Petahunan mengatakan bahwa, untuk kamtibmas di kelurahan Petahunan masih dalam kondisi aman, kondusif serta terkendali, dan Warga di Kelurahan Petahunan ini kebanyakan mayoritas pengusaha dan pengrajin.

“Mayoritas warga di Kelurahan Petahunan kebanyakan pengusaha dan pengrajin, jadi semuanya sibuk bekerja dan mudah mudahan saja dengan kesibukan ini kondisi di kelurahan Petahunan semakin kondusif,” pungkas Imam Ahmad Zamroni.

Kapolres Pasuruan Kota AKBP Dony Alexander dalam sambutanya juga menyampaikan, melihat dari respon, referensi, serta laporan frekuensi, ancaman gangguan Kamtibmas khususnya diwilayah kota Pasuruan mereka sudah mulai ada keberanian untuk melakukan kejahatan, dan ini menjadi tugas kami selaku petugas kepolisian yang akan bersinergi nantinya.

Pada kesempatan itu, AKBP Dony Alexander memperkenalkan diri kepada semua masyarakat yang datang dalam cangkruan selaku Kapolres Pasuruan Kota yang baru, dan baru menjabat Kapolres selama 2 bulan lebih.

Dalam kesempatan ini juga Kapolres membawa seluruh PJU Polres Pasuruan Kota dengan tujuan penyampaian yang di sampaikan masyarakat bisa segera di tindak lanjuti oleh Polres Pasuruan Kota.

Dalam sesi tanya jawab, Kusnadi salah seorang warga yang datang dalam cangkruan sangat kaget dengan datangnya Kapolres di dalam cangkruan, sebab selama ini baru kali pertama ada kapolres yang datang sendiri dalam cangkruan.

Tidak hanya sampai di situ saja, ada juga beberapa masyarakat yang menyampaikan informasi terkait ganguan Kamtibmas di wilayah yang belum di dapat infonya oleh Polres Pasuruan Kota.

Dalam gangguan Kamtibmas khususnya di wilayah Kecamatan Gadingrejo seperti mulai maraknya jambret ataupun begal di beberapa wilayah, peredaran Narkoba yang mulai merambah di tingkat Sekolah Dasar, dan terkait penertiban anak Punk.

Menanggapi beberapa masukan dan informasi yang mana peredaran gelap narkotika sudah merambah ke sekolah sekolah, kapolres Pasuruan kota akan menegaskan kepada Kapolsek dan juga kasat narkoba beserta jajaran anggota untuk menyentuh ke sekolah sekolah.

“Nantinya, berkoordinasi dengan pihak kepala sekolah, saya menegaskan kepada Kapolsek dan juga Kasat Narkoba untuk menyentuh ke sekolah sekolah guna meningkatkan kewaspadaan terkait dengan jajanan yang dijual di depan sekolah untuk bisa kita tes dan kita cek, jangan sampe nantinya ada orang orang yang tidak bertanggung jawab yang akan merusak bangsa indonesia dengan menggunakan atau menjual narkotika berbagai macam/bentuk kemasan seperti, foto berbentuk permen yang akan dijual kepada anak anak sekolah,” tegas AKBP Dony Alexander, selaku Kapolres Pasuruan Kota.

Setelah sesi tanya jawab selesai acara di tutup dengan doa, dan Kapolres Pasuruan Kota memberikan Nomor telpon pribadinya kepada masyarakat, agar masyarakat bisa langsung memberikan informasi yang sifatnya membangun.

AKBP Doni Alexander memberikan keterangan ke awal media selepas acara menyampaikan “dengan adanya cangkruan ini bisa mempererat tali silaturrahmi antara masyarakat dan pihak Polri juga TNI yang bertujuan agar bisa memberikan kenyamanan bagi masyarakat khususnya di wilayah hikum Polres Pasuruan Kota,” ujar Kapolres.

“Saya akan usahakan agar cangkruan dilakuakan secara bertahap supaya bisa meminimalisir gangguan kamtibmas, apalagi menjelang Pilwali yang akan di ikuti warga Pasuruan Kota dalam tahun ini, saya berharap agar tidak terjadi hal hal yang tidak di inginkan, kami Polri, TNi, dan stekholder terkait akan berkordinasi supaya menciptakan kenyamana bagi masyarakat,” pungkas AKBP Doni.(Hid/Tri)