Kemenkumham Jatim Gelar Upacara Peringatan Harkitnas

0
32

SURABAYA – Setiap 20 Mei diperingati Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas). Hari ini (20/5) Kanwil Kemenkumham Jatim memperingati Harkitnas 2019 dengan menggelar upacara bendera.

Upacara peringatan Harkitnas 2019 itu dilaksanakan di halaman kanwil. Kadiv Administrasi Haris Sukamto bertindak sebagai Inspektur Upacara. Seluruh pegawai turut sebagai peserta. Tema yang diusung adalah “Bangkit Untuk Bersatu, Kebangkitan untuk Persatuan.”

Membacakan amanat Menteri Komunikasi dan Informatika, Haris mengungkapkan bahwa peringatan Hari Kebangkitan Nasional kali ini juga dilangsungkan dalam suasana bulan Ramadan. Bagi umat muslim, bulan suci ini menuntun kita untuk mengejar pahala dengan meninggalkan perbuatan-perbuatan yang dibenci Allah SWT seperti permusuhan dan kebencian, apalagi penyebaran kebohongan dan fitnah.

Hingga pada akhirnya, pada ujung bulan Ramadan nanti, kita bisa seperti Mahapatih Gadjah Mada.

“Mengakhiri puasa dengan hati dan lingkungan yang bersih berkat hubungan yang kembali fitri dengan saudara-saudara di sekitar kita,” tuturnya.

Haris melanjutkan bahwa bangsa ini adalah bangsa yang besar. Yang telah mampu terus menghidupi semangat persatuannya selama berabad-abad.

“Kuncinya ada dalam dwilingga salin suara berikut ini: gotong-royong,” ujarnya. (Red).