Mengenal Manfaat Berlatih Muay Thai untuk Tubuh

0
54

SURABAYA – Muay Thai atau yang biasa disebut juga dengan thai boxing merupakan olahraga yang sedang digandrungi banyak orang, tidak hanya oleh pria, tapi juga wanita. Sebab, walaupun tergolong olahraga yang sangat “macho” karena terdapat unsur bela diri, namun muay thai terbukti efektif untuk menurunkan berat badan.

Hal tersebut diungkapkan Ketua Muay Thai Indonesia Kota Surabaya, H. Baso Juherman. Menurut dia, olahraga muay thai merupakan seni bela diri yang berasal dari Thailand yang sudah ada sejak 1000 tahun yang lalu. Awalnya seni bela diri ini identik dengan kekerasan, namun sekarang teknik-teknik muay thai sudah dibuat jauh lebih aman untuk dilakukan sebagai olahraga yang dapat menjaga kebugaran tubuh.

“Muay thai juga sudah berkembang dan mulai mengusung teknik body shaping yang sangat bermanfaat untuk menurunkan berat badan, sehingga tidak heran jika banyak wanita tertarik untuk mencoba jenis olahraga ini,” ungkap Baso saat ditemui, di Graha Kuliner d’Boengkoel, Jl. Raya Darmo No.116, Surabaya, Senin (10/6/19) malam.

Dia menjelaskan bahwa, olahraga ini menggabungkan teknik bela diri dan latihan otot. Teknik-teknik bela diri yang digunakan meliputi pukulan, tendangan, siku, dan serangan lutut, sehingga pada saat berlatih, tanpa sadar semua bagian tubuh bergerak.

“Gerakan-gerakan seperti memutar tubuh, menyerang dengan sikut dan menendang dapat mengencangkan dan membakar lemak pada tubuh,” jelasnya.

Jika muay thai dilakukan secara rutin, maka bukan tidak mungkin tubuh kita akan menjadi lebih ramping dan kencang. “Untuk mendapatkan bentuk tubuh yang ideal, kita disarankan untuk berlatih minimal dua kali dalam seminggu,” ujarnya.

Selain menurunkan berat badan, berlatih muay thai rutin juga memberi banyak manfaat seperti meningkatkan stamina. “Dengan rutin berlatih, maka stamina tubuh akan meningkat dan menjadi lebih kuat,” kata Baso.

Tidak hanya melindungi diri, lanjut kata Baso, tapi berlatih muay thai juga dapat memperkuat otot-otot di seluruh batang tubuh, termasuk otot perut. Gerakan menonjok, menyikut dan menendang akan meningkatkan kekuatan otot-otot dan mengencangkan hampir semua bagian tubuh.

“Bisa juga menghilangkan stress dan merampingkan pinggul. Karena luapan emosi dan beban pikiran akan hilang saat kita melakukan gerakan memukul dan menendang. Untuk bagian pinggul akan terlatih, sehingga pinggul akan jadi lebih fleksibel dan juga ramping,”pungkasnya. (Red)