PKL Menjaga Kebersihan Di Lingkungan Masjid Al Akbar

0
27

Surabaya – Bentuk kepedulian pedagang kaki lima binaan karang taruna Kelurahan Pagesangan di kawasan Masjid Al Akbar Surabaya terhadap lingkungan sangat menyejukan.

Terlihat, puluhan pedagang kaki lima yang setiap harinya mengais rejeki di sekitar jalan Masjid Al Akbar sisi timur dan utara bergotong royong membersihkan saluran yang mengitari area masjid.

Sebagai Karang Taruna Kelurahan Pagesangan, M Rizal mengungkapkan kegiatan yang dilakukan para pedagang kaki lima adalah bentuk menjaga kebersihan lingkungan di area Masjid Al Akbar Surabaya.

“Para pedagang sangat semangat membersihkan saluran. Selain mencari rejeki melalui jualan di depan halaman masjid, mereka juga antusias agar lingkungan masjid tetap terlihat nyaman bagi pengunjung di Masjid Al Akbar Surabaya,” katanya pada media ini saat iku membersihkan saluran, Senin (22/7).

Dengan selalu menjaga kebersihan di area Masjid Al Akbar, Rizal juga sangat senang lantaran ada pedagang kaki lima yang bisa memikat minat pengunjung khususnya wisata religi di Masjid agar terlihat selalu ramai.

“Sebelum ada pedagang kaki lima yang jualan di area masjid al akbar, jalanan area sekitar terlihat sepi. Dengan adanya pedagang, setidaknya bisa menghindari kerawanan daerah di jalan sepi untuk dimanfaatkan pelaku kejahatan,” tuturnya.

“Artinya kita juga bersyukur dengan adanya fasilitas tempat yang diberikan Masjid bagi pedagang bisa dimanfaatkan bagi warga sendiri khususnya para pedagang asli Pagesangan,” tutupnya.

Diketahui, kegiatan kerja bakti membersihkan lingkungan masjid oleh para pedagang kaki lima akan dilakukan rutin. Turut mengikuti seperti tokoh masyarakat seperti Zaenal Arifin, Joni, Didik, Irwan Rosyidi dan Muriadi. Selain itu karang taruna Kelurahan Pagesangan. (Mk)