Polda Jatim Menggelar Upacara Kenaikan Pangkat

0
97

SURABAYA – Berbarengan dengan momen peringatan Hari Bhayangkara Polri ke 73 tahun 2019, Polda Jawa Timur juga menggelar upacara kenaikan pangkat anggotanya. Sebanyak 4.279 personil Polri dan ASN jajaran Polda Jawa Timur menerima kenaikan pangkat setingkat lebih tinggi dari sebelumnya.

Bertempat di lapangan Mapolda Jatim, upacara seremonial kenaikan pangkat bagi anggota Polri dan ASN tersebut dilaksanakan, Minggu (30/06).

Dari 4.279 orang yang menerima kenaikan pangkat tersebut, 268 diantaranya adalah anggota Polri dengan pangkat Perwira, dan 2.440 orang merupakan bintara Polri serta ASN yang bertugas di jajaran Polda Jatim

Adapun personil yang naik pangkat setingkat lebih tinggi diantaranya 29 orang dari Komisaris Polisi (Kompol) ke Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) dan perwira berpangkat Ajun Komisaris Polisi (AKP) ke Komisaris Polisi (Kompol) sebanyak 59 orang.

Kemudian 17 orang untuk perwira berpangkat Insperktur Polisi Dua (Ipda) ke Inspektur Polisi Satu (Iptu), sedangkan personil yang berpangkat Ajun Inspektur Satu (Aiptu) naik menjadi Inspektur Dua (Ipda) sebanyak 136 orang. Untuk anggota Polri berpangkat Brigadir serta dari unsur ASN sebanyak 2.440 orang.

Semua telah memenuhi akreditasi penilaian sebagaimana layaknya aturan di jajaran Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Drs Luki Hermawan yang memimpin langsung jalannya upacara Korps Raport kenaikan pangkat menegaskan bahwa kenaikan pangkat ini merupakan penghargaan karier dari Negara kepada personil Polri dan ASN yang telah dinyatakan memenuhi syarat dan telah lulus ujian kenaikan pangkat serta tidak pernah melakukan pelanggaran.

“Dipundak saudara telah disematkan pangkat baru setingkat lebih tinggi. Artinya memiliki tanggung jawab yang lebih besar yang harus saudara tunaikan,” tegas Luki Hetmawan.

Luki juga menambahkan bahwa dengan diberikannya kenaikan pangkat satu tingkat otomatis pengabdian dan tugas dan jabatan lebih ditingkatkan lagi bukan malah sebaliknya.

“Dengan pangkat baru dipundak saudara, hendaknya bisa menjadi pemacu semangat serta lebih termotivasi untuk memberikan pengabdian terbaik bagi masyarakat, Bangsa dan Negara,” terangnya.

Tampak hadir dalam upacara seremonial kenaikan pangkat tersebut diantaranya, Wakapolda Jatim Brigjen Pol Toni Harmanto, Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Frans Barung Mangera, Irwasda Polda Jatim serta para pejabat utama di lingkungan Polda Jawa Timur. (Mk)