Siap Menuju WBK, Kanim Madiun Deklarasi Pembangunan ZI

0
34

MADIUN – Kantor Imigrasi kelas II Non TPI Madiun siap mewujudkan Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK), ini dibuktikan dengan deklarasi pembangunan Zona Integritas (ZI) yang dilaksanakan pada hari ini (9/4/19).

Hadir dalam deklarasi ini Kepala Divisi Administrasi Haris Sukamto, yang mewakili Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Timur, dan Zakaria selaku Kepala Divisi Keimigrasian. Selain itu, turut hadir oleh unsur Forkopimda Kabupaten Madiun, unsur Masyarakat diantaranya hadir Ketua Nahdatul Ulama Kabupaten Madiun, dan Ketua Ombusdman Republik Indonesia Perwakilan Jawa Timur.

Kakanwil dalam sambutannya yang dibacakakan oleh Haris Sukamto mengatakan bahwa, memang tidak mudah untuk mewujudkan WBK. Namun dengan komitmen bersama Insya Allah akan menjadi mudah.

Sementara, Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Madiun, Yusup Umardani dalam sambutannya memohon dukungan kepada Forkopimda Kab. Madiun, serta kepada perwakilan masyarakat yang hadir. Selain itu pihak Kantor Wilayah (Kanwil) untuk terus memberikan penguatan bimbingan dan arahan.

Usai pencanangan pembangunan ZI menuju WBK yang dilakukan Kanim Madiun ini, Kadiv Administrasi dan Kadiv Imigrasi langsung berkeliling Kanim Madiun, untuk melihat berbagai persiapan yang telah dilakukan.

Haris dan Zakaria didampingi Kakanim Madiun Yusup Umardani dan jajarannya. Mereka meninjau berbagai lokasi mulai dari kantin, taman, hingga ruang layanan pemohon paspor. Menurut Haris, fisik kantor sangat berpengaruh terhadap kualitas layanan. Karena tampilan dan fasilitas kantor sangat penting untuk publik. “Yang paling utama adalah membuat pemohon nyaman,” pesannya.

Haris juga memberikan banyak masukan lain, khususnya untuk kantin yang berada dibelakang kantor. Dia ingin performanya diubah menjadi lebih baik lagi. Termasuk adanya pusat layanan informasi. “Kantin harus bersih, karena sebagai pendukung tempat layanan yang layak,” katanya.

Perubahan demi perubahan harus terjadi dan terasa. Dan target WBK harus menjadi prioritas untuk dipenuhi. “Pergerakan harus cepat dan bersama-sama. Bila semangatnya sama, maka 1 bulan pasti bisa melakukan perubahan besar disini,” urainya.

Selain itu, Kadiv Imigrasi Zakaria memberikan penguatan kepada seluruh pegawai Kanim Madiun. Ia berpesan bahwa mulai sekarang semua harus fokus kepada masing-masing tugas yang ada dalam SK. “Siapa mengerjakan apa karena waktu terus berjalan, sambil terus meningkatkan kualitas pelayan dan jangan lupa kerjakan itu semua dengan hati yang tulus dan ikhlas,” pesannya.

“Insya Allah, Allah akan memberikan kemudahan kepada kita semua,” tambah Zakaria. (red)