Terkait Hate Speech, Simpatisan Caleg DPRD Sumenep di Polisikan

0
70
Akun facebook atas nama Akbar Yusron

SURABAYA – Kepala Dusun (Kasun) Pesisir, Desa Essang, Kecamatan Talango, Kabupaten Sumenep, Imam Pranoto melalui kuasa hukumnya Afdalul Fikri, S.H., melaporkan akun facebook atas nama Akbar Yusron, di Polda Jatim, Jumat, (19/10/18).

Akun facebook milik Akbar Yusron ini, diduga merupakan simpatisan dari Akis Jazuli, seorang anggota DPRD Sumenep, yang kini kembali mencalonkan dirinya di Pileg 2019.

Akbar dinilai melakukan ujaran kebencian (Hate Speech), dengan mengomentari akun facebook milik Soejito Farjon Rangrang Muleh, pada Sabtu, 13 Oktober 2018.

Bukti chat facebook milik Akbar Yusron

Afdalul Fikri selaku kuasa hukum dari Imam Pranoto menjelaskan bahwa, dalam komentar tersebut, Akbar Yusron mempromosikan Akis jazuli untuk kembali terpilih sebagai caleg DPRD Kabupaten Sumenep 2019. Dengan ucapan yang mengandung ujaran kebencian dan perbuatan tidak menyenangkan, yakni berupa penghinaan secara pribadi yang dilanjutkan dengan provokasi terhadap jabatan Imam Pranoto selaku aparatur Desa.

“Akun bernama AY memperbandingkan kinerja antara Imam Pronoto (Kasun Pesisir,red), dengan Akis Jazuli (Anggota DPRD Sumenep,red), yang disertai dengan pelecehan dan hasutan. Sehingga menimbulkan reaksi dan keresahan dari Masyarakat Kecamatan Talango,” jelas Afdal kepada media, Jumat (19/10/18).

Afdal menerangkan bahwa, Karena adanya reaksi dari masyarakat atas komentar tersebut, akun Soejito Farjon Rangrang Muleh mengahapus unggahannya. Namun masih meninggalkan jejak yang makin meresahkan masyarakat khususnya warga Dusun Pesisir Desa Essang.

“Warga Dusun Pesisir tidak terima Kasunnya dihina dan dilecehkan oleh pendukung Akis Jazuli melalui akun facebbok bernama Akbar Yusron yang tidak diketahui identitas pemiliknya,” terangnya.

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, lanjut Afdal, baik berupa anarkisme ataupun bentrokan antara warga Dusun dengan simpatisan Akis Jazuli selaku Caleg DPRD Sumenep. “Kami melaporkan akun FB atas nama Akbar Yusron yang merupakan simpatisan dari Akis Jazuli di Polda Jatim, setelah memberikan kesempatan berupa klarifikasi dan permintaan maaf di media sosial,” pungkasnya. (Red).